Monday, November 2, 2015

Akuarium Air Tawar


Memang sih untuk tempat yang satu ini bukan dikategorikan sebagai sebuah museum, Tapi ngak ada salahnya dong kalo kita coba untuk kunjungi. Berdiri di tepian danau buatan & terletak di area Taman Mini ini adalah sebuah gedung akuarium yang menyimpan berbagai macam aneka biota air tawar.

Inside The Museum

Sebelum masuk ke akuarium, Traveler melewati sebuah jembatan yang dibawahnya terdapat danau luas yang berisi berbagai macam ikan mas berbagai warna.

Danau Ikan Mas
Setelah melewati jembatan dan masuk kedalam Lobby, Traveler akan melihat sebuah aquarium yang berbentuk seperti sebuah lorong yang didalamnya terdapat berbagai macam ikan air tawar yang bisa Traveler lihat didalam aquarium yang berbentuk seperti sebuah lorong.

Lobby Museum
Aquarium Lorong
Setelah melewati aquarium berbentuk seperti lorong, Traveler akan melihat sebuah lorong kecil yang didalamnya terdapat Ruangan Kerabat Gurame yang berisi berbagai macam jenis Ikan Gurame yang ada di dunia. Setelah melewati lorong gurame, Traveler akan memasuki ruang pertama yang memiliki koleksi ikan-ikan air tawar dari berbagai jenis mulai dari Ikan Giant Arapaima, Ikan Paru Paru, Doradid Coklat, Ikan Huso, Ikan Dayung Amerika dan lain-lainnya. Oh iya tidak jauh dari ruangan ini terdapat sebuah ruangan Fish SPA.

Ruang Pertama
Aquarium Gurame
Aquarium Giant Arapaima
Fish SPA
Dari ruang awal, sekarang kita menuju ke ruangan yang seolah-olah dibuat seperti sebuah hutan. Ruangan ini dinamakan Ruang Peragaan Ekosistem Sungai lengkap dengan bebatuan, tumbuhan sungai, ikan-ikan sungai & air terjun yang mengalir dari atas kebawah.

Peragaan ekosistem sungai
Peragaan ekosistem sungai
Setelah Traveler melewati ruang peragaan ekosistem sungai, Traveler akan memasuki lorong gelap yang berisi berbagai macam koleksi aquarium ikan air tawar mulai dari ikan macan, belida, ikan buta, ikan dolar perak, ikan piranha dan lain-lainnya. Tidak jauh dari situ Traveler akan melihat sebuah kolam yang dinamakan Kolam Sentuh dimana Traveler bisa berinteraksi langsung dengan ikan-ikan yang ada di kolam tersebut.

Lorong pertama
Aquarium Ikan Buta
Aquarium Ikan Dollar Perak










Aquarium Ikan Piranha
Kolam Jamah
Tidak jauh dari lorong aquarium pertama, Traveler akan melihat kembali sebuah peragaan yang diberi nama lahan basah Indonesia. Disini, Traveler akan melihat gambaran sebuah hutan basah yang tersebar di Indonesia termasuk ikan-ikan & tumbuhan yang ada didalamnya.

Peragaan alam basah Indonesia
Ruangan berikutnya yang Traveler kunjungi adalah Ruangan Teater 4D & Ruangan Aquarium Nusantara. Ruangan Teater 4D adalah ruangan yang menampilkan film 4 dimensi yang berhubungan dengan dunia perikanan sedangkan ruangan aquarium Nusantara adalah ruangan yang menyimpan berbagai koleksi ikan-ikan yang ada di seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke mulai dari Barbus dari Sumatera, Betok dari Jakarta, Pelangi dari Papua Barat dan lain-lainnya. Oh iya di ruangan ini juga terdapat aquarium pari motoro & belut listrik.

Aquarium Nusantara
Aquarium Pari Motoro
Aquarium Belut Listrik










Ruangan Teater 4D
Dari ruangan aquarium nusantara & teater 4D, ruangan berikutnya adalah lorong aquarium ke dua & peragaan kolam budi daya yang isinya hampir sama dengan ruangan sebelumnya dengan koleksi yang berbeda dari ruang sebelumnya seperti bawal air tawar, patin albino, ikan pelangi dan lain-lain. Dan di ujung ruangan ini terdapat sebuah toko souvenir yang menjual berbagai macam ikan hias & barang-barang yang berhubungan dengan akuarium air tawar.

Kolam Budi Daya
Aquarium Bawal Air Tawar
Aquarium Leopard Tiger









Aquarium Patin Albino
Toko Souvenir
Jam Buka & Harga Tiket

Museum ini buka dari hari Senin sampai dengan Minggu & hari besar dari jam 08.30-18.00.

Harga Tiket: Rp. 25.000 (sudah termasuk dengan Museum Serangga)

Selain itu, Akuarium Air Tawar juga memiliki berbagai acara khusus seperti pemberian makan pada beberapa akuarium & juga disediakan pakan untuk ikan yang bisa Traveler berikan kepada ikan yang ada di danau museum (lumayan buat menghilangkan stress ^_^).

Pakan Ikan
Akses menuju ke sana


Untuk Ke Museum ini Traveler bisa melihat di artikel Museum Indonesia, karena akuarium ini satu komplek dengan Museum Indonesia yaitu di TMII.

Yuk kita belajar mengenal biota air tawar di Akuarium Air Tawar Taman Mini

No comments:

Post a Comment