Friday, June 19, 2015

Museum Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal


Pas banget neh momentnya, Mumpung lagi bulan puasa, saatnya gw ngebahas soal museum ini. Museum yang terletak di kawasan TMII ini terdiri dari dua museum yaitu Museum Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Museum ini mengkhususkan diri pada penyajian khazanah penulisan Al-Qur'an dan kebudayaan Indonesia bernafaskan Islam yang tersebar di seluruh Indonesia. Museum ini juga sebagai tempat konservasi dan penelitian mushaf Al-Qur'an, seni, budaya & haritage keaagamaan.

Inside The Museum

Museum ini terdiri dari 2 bagian yaitu bagian Bayt Al-Qur'an & bagian Istiqlal. Bagian yang pertama Traveler kunjungi adalah bagian Bayt Al-Qur'an. Di bagian ini menyimpan berbagai materi inti yang merupakan hasil pemahaman, pengkajian dan apresiasi umat Islam Indonesia terhadap kitab sucinya, antara lain meliputi: Mushaf Istiqlal, Mushaf Sundawi, Mushaf Wonosobo Mushaf terbesar di dunia, Al-Qur'an Pusaka RI, Mushaf Al-Banjari, Al-Qur'an kuno nusantara dan Al-Qur'an Huruf Braille. Lalu ada juga Al-Qur'an yang terbuat dari daun lontar, Peti Mushaf Istiqlal & Patung Kaligrafi.

Lantai 1 Museum
Al-Qur'an Mushaf Wonosobo
Patung "Alif Lam Mim"
Patung "Penghuni Surga"
Peti Mushaf Istiqlal
Mushaf Al-Qur'an al-banjari
Replika Al-Qur'an Mushaf Jakarta
Manuskrip Naskah Qur'ani
Lantai 2 Museum
Al-Qur'an Daun Lontar
Diantara persimpangan antara Museum Bayt Al-Qur'an dengan Museum Istiqlal, Traveler bisa melihat sebuah Replika Bedug Agung Kyai Bagelan yaitu bedug yang berada di Mesjid Agung Purworejo dan juga ada sebuah Air Mancur berlafaz "ALLAH" dalam tulisan arab.

Replika Bedug Agung Kyai Bagelan
Air Mancur Lafadz "ALLAH"
Setelah Traveler melihat berbagai koleksi dari Museum Bayt Al-Qur'an, Museum berikutnya yang Traveler kunjungi adalah Museum Istiqlal. Museum Istiqlal menyajikan koleksi karya seni budaya bangsa Indonesia yang bernafaskan Islam, seperti manuskrip keagaaman yaitu naskah kuno yang berisi kajian islam berupa bukti perjalanan & perkembangan intelektual Islam di Indonesia, Berbagai macam Arsitektur islami yang tersebar di seluruh Indonesia, Benda-benda arkeologis islam di Indonesia, Benda-benda tradisi yang memiliki nilai-nilai keislaman dan Beberapa Seni rupa islami kontemporer di Indonesia.

Didalam Museum Istiqlal
Replika Nisan Makam Islam
Kaligrafi Tembaga
Replika Masjid Agung Demak


Replika Masjid Sunan Kudus
Replika Masjid Istiqlal
Berbagai macam Kubah Masjid
Area Benda Arkeologis
Area Benda Tradisi
Area Seni Kontemporer
Jam Buka & Harga Tiket

Museum ini buka dari hari Senin-Minggu dari jam 09.00-16.00 dan sama seperti Museum Penerangan, Museum ini tidak mengenakan biaya apapun alias gratis jadi Traveler hanya cukup membayar untuk masuk ke kawasan TMII saja.

FYI, Museum ini sebenarnya memiliki kebijakan untuk tidak memperbolehkan para Traveler untuk mengambil foto dikarenakan alasan tertentu. Tapi apabila Traveler ingin mengambil foto untuk kepentingan tertentu seperti untuk pembelajaran, skripsi atau seperti gw untuk kepentingan blog dan hal-hal yang berhubungan dengan akademisi, maka pihak museum memperbolehkan hal tersebut dengan catatan Traveler harus minta izin terlebih dahulu.

Akses menuju ke sana


Untuk Ke museum ini Traveler bisa melihat di artikel Museum Indonesia, karena Museum ini satu komplek dengan Museum Indonesia yaitu di TMII.


Jadi, mau belajar & tau perkembangan Islam di Indonesia, Museum ini wajib untuk dikunjungi.

No comments:

Post a Comment