Friday, April 24, 2015

Museum Bank Indonesia


Museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta yang letaknya tidak jauh dari kawasan kota tua ini adalah salah satu museum favorit gw karena bisa menyatukan antara budaya modern dengan budaya masa lalu. Museum ini berisi mengenai perjalanan Bank Indonesia & Perkembangan perbankan di Indonesia.

Sejarah Singkat

Gedung ini memang sebelumnya merupakan bekas dari bank Indonesia dari zaman Hindia Belanda. Dibangun pada tahun 1828, gedung yang dulu bernama De Javasche Bank ini merupakan perpaduan antara budaya lokal dengan Eropa. Hingga pada tahun 1953 gedung ini menjadi gedung Bank Indonesia. Namun setelah Bank Indonesia pindah ke gedung di Jalan Thamrin 2 Jakarta, maka praktis gedung ini menjadi kosong. Inilah yang membuat pihak Bank Indonesia untuk menjadikan gedung ini menjadi sebuah museum dengan tujuan agar masyarakat bisa belajar & mengetahui seluk beluk dari Bank Indonesia & menghilangkan stigma negatif mengenai Bank Indonesia.

Kaca Patri Depan Pintu masuk
Ketika Traveler masuk kedalam, bentuk gedung ini persis seperti sebuah bank pada zaman Hindia Belanda bercampur dengan modernisasi zaman sekarang mulai dari ornamen-ornamennya sampai beberapa tulisan yang berfungsi sebagai penunjuk.   

Pintu Masuk Museum BI
Ruangan pertama yang Traveler kunjungi adalah Ruangan Sejarah. Diruangan ini dijelaskan secara rinci mengenai sejarah perbankan di Indonesia seperti sejarah perkembangan perbankan di Negara Indonesia mulai dari zaman perdagangan rempah-rempah lintas benua sampai pada zaman modern saat ini, Perkembangan perbankan pada saat zaman kemerdekaan sampai dengan saat zaman indonesia dilanda krisis moneter. Semuanya disajikan melalui berbagai macam media baik lewat keterangan tertulis, audio maupun visual. Tidak hanya itu saja museum ini juga menyimpan berbagai macam koleksi menarik seperti tongkat komando & paku bank tunggal yg dahulu digunakan oleh Bapak Jusuf Muda Dalam yang merupakan salah seorang Gubernur BI.

Ruang Pelayanan Pengunjung
Ruang Hologram 3D











Ruang Sejarah pra BI
Diorama kegiatan perdagangan
Diorama Kegiatan di Bank










Pakaian Pejuang Kemerdekaan

Pakaian Prajurit Belanda
Pakain Prajurit Jepang













Pakaian Prajurit TNI
Foto Rancangan awal gedung BI
Salah satu bagian dari ruang sejarah BI











Tongkat Komando & Palu Tunggal
Display telepon di ruang sejarah BI
Salah satu bagian dari ruang sejarah BI











Setelah melewati ruangan Sejarah Bank Indonesia, Traveler akan melewati beberapa ruangan-ruangan yang dahulu pernah digunakan oleh para direksi Bank Indonesia dalam melakukan kegiatan perbankan seperti Ruang Direktur, Ruang Gubernur, Ruang Inspirasi, Ruang Rapat & Taman yang berada di halaman belakang gedung. Di beberapa ruangan juga terdapat beberapa barang yang dahulu pernah digunakan dalam kegiatan perbankan Bank Indonesia seperti mesin hitung, mesin tik, dan telephone.

Ruang Direktur
Ruang Gubernur










Jam Dinding di Ruang Direktur
Foto Dirut De Javasche Bank
Foto Dirut BI











Halaman Belakang Gedung BI
Prasasti Keindahan Gedung De Javasche Bank
Kaca Patri yang bermakna "Di bawah lindungan dewa"














Ruang Inspirasi
Mesin Hitung Merk Nisa
Mesin Tik Merk Underwood Elliott Fisner










Telpon Berdiri
Di ruangan berikutnya adalah Ruang Penyimpanan Emas dan Ruang Mata Uang yang menyimpan berbagai koleksi mata uang dari berbagai Negara & juga mata uang Indonesia dari zaman kerajaan sampai dengan sekarang.

Ruang Penyimpanan Emas
Ruang Mata Uang
Salah satu koin yg ada di Ruang Mata Uang 












Jam Buka dan Harga Tiket


Museum ini buka dari Hari Selasa sampai Jumat Jam 08.00 - 15.30 & Hari Sabtu dan Minggu Jam 08.00 - 16.00, Senin & Hari Libur Nasional Tutup. Mulai tanggal 1 Juni 2015, Museum bank Indonesia mulai mengenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun apabila traveler masih mahasiswa atau pelajar & membawa kartu tanda mahasiswa ataupun pelajar tidak dikenakan biaya.

Turis sedang membeli cinderamata
Jadi Kalo para Traveler ingin tau lebih banyak mengenai sejarah Bank Indonesia serta Perbankan negara Indonesia dari tahun ke tahun maka museum ini tempat yang tepat untuk dikunjungi.

No comments:

Post a Comment